Setting Classpath JDBC Driver

Diposting oleh tanggul on 01.15

Karena banyak sekali pemula yang menanyakan bagaimana cara men-setting CLASSPATH untuk JDBC driver, maka di sini akan saya uraikan secara singkat langkah-langkah untuk menyetting CLASSPATH JDBC DRIVER pada sistem operasi Windows XP dan Linux.

A. Mengatur CLASSPATH pada Windows XP/2000
Misalnya Anda menggunakan JDBC driver versi mysql-connector-java-3.0.8-stable-bin.jar dan membuat folder di C dengan nama JDBC, seperti ini C:\JDBC\
Ikutilah langkah-langkah berikut :

1. Letakkan file mysql-connector-java-3.0.8-stable-bin.jar di folder C:\JDBC.



2. Supaya Anda tidak perlu menyebutkan classpath secara eksplisit berulang-ulang saat menjalankan program java tambahkan environment variable classpath yang mengacu ke file driver.

3. Anda dapat menambahkan classpath di Windows XP/2000 dengan menampilkan kotak dialog Environment Variable dengan cara klik kanan pada My Computer>klik properties>pilih tab advance>klik Environment Variables. Maka akan muncul kotak dialog Environment Variables. Tekan tombol New Variable untuk System Variable dan isikan CLASSPATH sebagai variabel sistem baru seperti contoh di bawah ini :

Variable name : CLASSPATH

Variable value : C:\JDBC\mysql-connector-java-3.0.8-stable-bin.jar

4. Tekan tombol OK maka Anda akan melihat variabel sistem CLASSPATH tampak terdaftar sebagai variabel sistem baru pada kotak dialog Environment Variables.


5. Anda dapat melakukan testing variabel sistem dari Command Prompt dengan perintah : echo %CLASSPATH% bila pada console tampil path ke driver maka CLASSPATH berhasil di set.

6. Restart komputer Anda agar CLASSPATH baru dapat di baca oleh sistem.


B. Mengatur CLASSPATH pada Linux

Misalnya kita menggunakan JDBC driver versi mysql-connector-java-3.0.14-production.tar.gz, dan semua file itu di-ekstrak ke /usr, maka Anda harus mengatur CLASSPATH dengan cara :

# CLASSPATH= .:/usr/mysql-connector-java-3.0.14-production : $CLASSPATH

# export CLASSPATH

Atau menambahkan baris "# CLASSPATH= .:/usr/mysql-connector-java-3.0.14-production : $CLASSPATH di atas ke dalam [b].bash_profile yang ada pada home direktori masing-masing user agar setiap kali login, pengaturan tersebut dapat otomatis dipakai.

Semoga penjelasan singkat ini dapat mudah dipahami oleh pemula dan dapat membantu Wink

PEACE...

note : Anda bisa mendapatkan library JDBC di http://dev.mysql.com/downloads/

- [J2D-GOLDEN] Paupau - 07-09-2005 05:38 PM

Wahh tutorial mantap!

Sekalian donk mas kasih tau dimana dapetin library JDBC driver nya, gw ada 2 jenis, mysql-connector-java-3.0.7-stable-bin.jar & mm.mysql.jdbc-1.2c.tar.gz, tapi lupa dimana dapetinnya dulu Embarassed

Sama sekalian juga donk tutorial setting koneksi database dan seselect dua select SQL Wink




0 komentar: